Perjuangan Komunikasi, Sekda Butur Sampaikan Keluhan Sinyal Telepon Seluler kepada Telkomsel Baubau

Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Buton Utara (Butur) melakukan pertemuan dengan Pimpinan Cabang Telkomsel Baubau, Arwadin di Kota Baubau pada Jumat, 15 Maret 2024.

BAUBAU,Matabuton.com-Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Buton Utara (Butur) melakukan pertemuan dengan Pimpinan Cabang Telkomsel Baubau, Arwadin di Kota Baubau pada Jumat, 15 Maret 2024.

Dalam kunjungannya, Sekda menyampaikan keluhan masyarakat Kabupaten Butur terkait gangguan sinyal telepon seluler. Warga Butur, terutama yang hanya menggunakan satu provider komunikasi, mengalami kesulitan berkomunikasi karena sinyal sering hilang, terutama di wilayah Kecamatan Kulisusu.

“Sinyal yang sering hilang bukan hanya mengganggu masyarakat dalam berkomunikasi, tetapi juga berdampak pada pelayanan di lingkungan Pemerintah Daerah,” ungkap Sekda Butur.

Hardhy Muslim menambahkan bahwa gangguan sinyal juga berdampak pada kegiatan pemerintah, seperti saat mengikuti rapat zoom dengan pemerintah provinsi atau Kementerian, di mana terputusnya koneksi internet dapat terjadi tiba-tiba.

Pimpinan Cabang Telkomsel Baubau, Arwadin, menjelaskan dua faktor utama penyebab gangguan jaringan telekomunikasi di Kulisusu. Pertama, gangguan akibat pemadaman listrik. Telkomsel mengalami gangguan jika terjadi pemadaman listrik dari PLN karena baterai yang digunakan tidak mampu bertahan lama dan mesin genset terbatas, hanya dua dalam satu Kabupaten.

Kedua, gangguan akibat putusnya kabel optik. Karena jarak antara Baubau dan Kulisusu cukup jauh, jika terjadi musibah di wilayah tertentu seperti Bonegunu dan sekitarnya, teknisi juga memerlukan waktu untuk melakukan penanganan.

Arwadin berharap musim penghujan cepat berakhir sehingga kondisi normal tanpa pemadaman listrik dan gangguan kabel optik dapat segera teratasi. (Ads)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *