BAUBAU  

DPMD Butur Bekerjasama dengan LPMP Gelar Bimtek Pengelolaan Aset Dan BPD

BAUABU, Matabuton.com-Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Buton Utara (Butur), Sulawesi Tenggara (Sultra) bekerja sama dengan Lembaga Pelatihan Manejemen Pemerintahan (LPMP) menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) Nasional Aset Desa dan Badan Permusyawaratan Desa (BPD), disalah satu hotel di Baubau, Kamis, (08/06/2023).

Kegiatan tersebut diselenggarakan dari tanggal 7-8 Juni 2023. Dengan narasumber dari direktorat Bina Pemerintahan Desa, Isti.

Sekertaris DPMD Buton Utara, Bahtiar saat membuka bimbingan teknis mengatakan, Bimtek pengelolaan aset Desa ini kegiatan yang baru pertama kali kita lakukan di Buton Utara.

“Dimana pengelolaan aset desa ini, sudah dituangkan dalam peraturan Bupati nomor 38 tahun 2012, dan juga peraturan Pemerintah nomor 47 tahun 2014 serta Permendagri nomor 1 tahun 2016”, kata Bahtiar saat membuka kegiatan Bimtek, Kamis (08/06/2023).

Bahtiar mengungkapkan, pengelolaan aset Desa ini semakin dikembangkan dengan adanya aplikasi yang namanya Simpades. Ia juga mengaku, aplikasi pengelolaan Desa ini baru sebatas nama.

“Dasar kita dalam penyelenggaraan ini cukup jelas yaitu nomor 47 mengalami perubahan PP nomo 43 tahun 2014, habis itu Perbup Bupati Buton Utara nomor 39 tahun 2022”, ucapnya.

Lebih lanjut Bahtiar, berharap kepada peserta yang mengikuti kegiatan Bimtek tersebut agar kiranya bisa diaplikasikan di Desa masing-masing.

“Mudah-mudahan dengan adanya Bimtek ini bapak ibu yang hadir bisa betul-betul mengatur terkait aset desanya apa yang telah dibelanjakan. Harapannya juga dengan selesainya kegiatan ini bisa kita aplikasikan di Desa “, harapnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *