Pemda Butur Siap Ikuti Pekan Produk Unggulan Daerah dalam Peringatan HUT Sultra ke-60

BURANGA,Matabuton.com-Sekretaris Daerah Muhammad Hardhy Muslim memimpin rapat memantapkan persiapan Pemerintah Daerah (Pemda) Butur dalam mengikuti pekan oroduk unggulan daerah, dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-60 Sulawesi Tenggara. Rapat tersebut dilaksanakan di ruang Sekda pada Jumat, 19 April 2024.

Hardhy Muslim menjelaskan, pekan produk unggulan ini akan berbeda dengan pameran halo Sultra sebelumnya, karena hanya menampilkan produk unggulan dari masing-masing daerah di 17 Kabupaten/Kota di Sulawesi Tenggara. Kegiatan ini akan dilaksanakan pada 23-25 April 2024 di Tugu Religi MTQ Kendari.

“Produk unggulan daerah yang akan ditampilkan merupakan produk jasa dan barang dengan keunikan/ciri khas di tingkat desa atau kecamatan, kabupaten, dan provinsi, yang dihasilkan oleh usaha mikro kecil dan menengah , ” ujarnya.

Tujuan dari Pekan Produk Unggulan ini adalah untuk mendorong perkembangan UMKM dalam meningkatkan kualitas produk dan menampilkan inovasi yang lebih baik, sehingga mampu bersaing di pasar yang semakin kompetitif.

Adapun produk unggulan Butur yang akan ditampilkan antara lain: minyak tawon, Kopi Butur, jambu mente, Madu, VCO, gula aren, stik kepiting, stik kelor, sambal katapai, peye embul, mete coklat, mete original, mete gula Mekah, kripik oblong, kripik singkong, kripik pisang original, kripik pisang halua, tas anyaman, plakat kayu, kain tenun, replika kapal bahan kayu, gantungan kunci, dan paper bag.

Pengumpulan produk unggulan Butur akan dikoordinir oleh OPD terkait yang menjadi binaan masing-masing, termasuk Dinas Perindag, Dinas Koperasi dan UMKM, Dinas Ketapang, Dinas Pariwisata, Dinas Perikanan, Dinas Pertanian, Dinas BPMD, Dinas PTSP, Asisten II Setda, dan Tim Penggerak PKK Butur.

Kadis Pariwisata Butur, Ernawati Asman mengatakan, dalam HUT Sulawesi Tenggara 2024, Butur akan mengikuti dua kegiatan sekaligus, yaitu pekan produk unggulan daerah dan lomba kuliner khas daerah. Produk unggulan yang akan ditampilkan akan dikemas dengan baik dan mencantumkan identitas pelaku usaha untuk memudahkan identifikasi produknya.

Rapat tersebut dihadiri oleh Asisten I Setda, Mansur, Asisten II Setda, Sahrun Akri, Kadis Kominfo La Nita, dan Staf Ahli Bupati Bidang Pemerintahan, Hukum, dan Politik Dra. Muliana, serta perwakilan OPD terkait dan Tim Penggerak PKK.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *