Wamendes PDTT Lepas Ekspor Jagung Kuning Asal Buton Utara ke Malaysia

Wamendes PDTT, Prof. Dr. Paiman Raharjo didampingi Gubernur Sultra, H. Ali Mazi dan Wabup Butur, Ahali serta Head of Environment & Social Responsibility Divison Astra, Dian Suran Febrianti saat melepas ekspor komoditas unggulan kabupaten Buton Utara yaitu Jagung kuning ke Kelantan, Malaysia.

KENDARI, Matabuton.com– Wakil Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi, (Wamendes PDTT),  Prof. Dr. Paiman Raharjo melepas ekspor jagung kuning asal Buton Utara ke Kelantan, Malaysia sebesar 25 Ton di Pelabuhan Pelindo, Sultra, Kamis (10/08/2023).

Saat pelepas ekspor komoditas unggulan Pemkab Butur ini, Wamendes didampingi Gubernur Sultra, H. Ali Mazi dan Wakil Bupati Buton Utara Ahali serta Head of Environment & Social Responsibility Divison Astra, Dian Suran Febrianti

Dalam membacakan sambutan Bupati Buton Utara, Ahali menyampaikan bahwa saat ini Jagung kuning menjadi komoditas unggulan dan andalan di Kabupaten Buton Utara dengan luas tanaman jagung mencapai 570 hektar yang tersebar di enam kecamatan dan melibatkan 600 petani di seluruh Kabupaten Buton Utara.

“Ucapan apresiasi dan terima kasih kepada PT. Astra yang telah melakukan pendampingan pada lima Desa di Kabupaten Buton Utara melalui program desa sejahtera astra mulai dari hulu sampai hilir pada pengembangan jagung kuning”, ucap Ahali

Untuk itu, pemerintah Kabupaten Buton Utara berharap program ini dapat menjadi suatu langka strategis dan program jangka panjang dalam meningkatkan produksi komoditas unggulan kabupaten Buton Utara.

Wabup Buton Utara, Ahali bersama Wamendes PDTT, Prof. Dr. Paiman Raharjo saat acara pelepasan ekspor komoditas unggulan Pemkab Butur di Pelabuhan Pelindo Sultra.

Harapannya, PT. Astra terus melakukan pendampingan kepada Desa yang memiliki potensi untuk dikembangkan.

“Bila saat ini baru lima Desa yang dilakukan pendampingan, maka kami berharap kedepannya bisa 10 atau 15 Desa di Kabupaten Buton Utara untuk dilakukan pendampingan ditingkat Petani atau kelompok tani”, katanya.

Diakhir sambutannya, Ahali juga mengucapkan terima kasih kepada pihak yang telah berkontribusi dalam upaya membangun desa khususnya di Kabupaten Buton Utara yang kemudian secara tidak langsung akan memberikan dampak positif kepada daerah dan masyarakat Kabupaten Buton Utara.

Hal ini merupakan salah satu goal Pemerintah Kabupaten Buton Utara yang berfokus pada tiga hal utama, yakni perbaikan infrastruktur, pengembangan sumber daya manusia serta peningkatan ekonomi.

“Kami harapkan aspek-aspek tersebut dapat kita wujudkan bersama, bukan hanya pemerintah daerah tapi juga bersama seluruh stakeholder, organisasi masyarakat, dunia usaha dan masyarakat itu sendiri.

Pada kesempatan yang sama gubernur Sultra, Ali Mazi menyampaikan bahwa, kegiatan pelepasan ekspor produk unggulan Kabupaten Buton Utara yang kita laksanakan ini, merupakan suatu pencapaian yang harus kita syukuri, karena berdampak pada roda perekonomian bagi daerah pengekspor dan daerah lainnya.

Oleh karena itu, penting bagi seluruh stakeholder yang terlibat, baik pemerintah pusat dan daerah maupun swasta agar benar-benar berkomitmen dan serius untuk mempersiapkan diri dalam rangka menjaga keberlangsungan kegiatan ekspor ini kedepan.

“Saya yakin dan percaya bahwa kita semua memiliki harapan yang sama agar kegiatan ekspor seperti ini bukan hanya sekedar seremonial semata, tetapi menjadi mementum untuk menggairahkan semangat dalam upaya kreatif dan lebih produktif yang berkelanjutan”, ucapnya.

Untuk diketahui, kegiatan ini dihadiri oleh Dirjen Pengembangan Ekonomi dan Investasi Desa, Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, Dirjen Industri kecil, menengah dan Aneka Kementerian Perindustrian, Esolon I dan II Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigtas yang sempat hadir, Forkopimda Provinsi Sultra, Direktur PT. Agretail, Kepala Pelabuhan Pelindo, Kepala Pelabuhan Bungkutoko, Para Kepala OPD Provinsi, Kepala OPD Kabupaten Buton Utara, Camat dan Kepala Desa Kabupaten Buton Utara serta tamu kehormatan lainnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *