BUTUR  

Rencana Kerja Pemerintah Daerah Kabupaten Buton Utara 2025 Fokus Pada Pertumbuhan Ekonomi Inklusif

Bupati Buton Utara, Dr. H. Muh. Ridwan Zakariah M. Si.

BURANGA, Matabuton.com-Bupati Buton Utara, Dr. H. Muh. Ridwan Zakariah menetapkan, akselerasi pertumbuhan ekonomi inklusif melalui peningkatan sumberdaya manusia, pengelolaan sumberdaya alam berkelanjutan, dan kualitas tata kelola pemerintahan sebagai tema Rencana Kerja Pemerintah Daerah Kabupaten Buton Utara Tahun 2025.

Hal ini disampaikan dalam acara Musrenbang RKPD Kabupaten Buton Utara pada Kamis, 7 Maret 2024, yang juga dirangkaikan dengan ekspose tiga tahun hasil pembangunan.

Ridwan Zakariah menjelaskan, tema tersebut didasarkan pada Rencana Kerja Pemerintah Pusat, Pemerintah Provinsi, dan tema RPJMD Kabupaten Buton Utara Tahun 2025. Adapun empat prioritas pembangunan yang menjadi fokus untuk menjawab isu-isu strategis meliputi:

1. Pemerataan dan pemantapan pembangunan infrastruktur dasar, terutama jalur pantai utara Labuan-Lakansai dan semua kecamatan.
2. Peningkatan kualitas sumberdaya manusia untuk mendorong daya saing daerah, khususnya di bidang pendidikan dan kesehatan.

3. Pengelolaan sumberdaya alam yang berkelanjutan untuk membuka lapangan kerja, mengurangi angka kemiskinan, dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.
4. Peningkatan dan pemerataan akses serta kualitas pelayanan publik melalui penguatan peran kecamatan, pemerintah desa, dan penerapan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik.

Dalam penyusunan RKPD Kabupaten Buton Utara Tahun 2025, Ridwan Zakariah menekankan fokus pada penyusunan perencanaan program dan kegiatan yang selaras dan konsisten dengan pelaksanaannya.

“Perkuatan pelaksanaan kebijakan money follow program, prioritas pada program kegiatan yang fokus pada prioritas dan tematik pembangunan, perencanaan yang berbasis kewilayahan, dan integrasi sumber-sumber pendanaan lain dalam membiayai program pembangunan, ” kata Ridwan Zakariah.

Kepala Bappeda, Zainal Arifin juga menjelaskan, musrenbang RKPD tahun 2025 lebih spesial karena dirangkaikan dengan ekspose tiga tahun hasil pembangunan Bupati dan Wakil Bupati Buton Utara, yang mengikuti amanat konstitusi sesuai UU No. 25 Tahun 2004 dan Permendagri No. 54 Tahun 2010 tentang sistem perencanaan pembangunan nasional.

Kepala Bappeda Provinsi Sultra yang diwakili Kabid Ekonomi, Ld Muh. Ummu Zaman, juga menguraikan, target indikator makro pembangunan Provinsi Sulawesi Tenggara Tahun 2025, meliputi pertumbuhan ekonomi, rasio Gini, tingkat kemiskinan, tingkat pengangguran terbuka, dan IPM, serta prioritas dan arah kebijakan pembangunan Provinsi Sultra tahun 2025 yang bertumpu pada pembangunan manusia yang unggul dan kompetitif.

“Kesejahteraan masyarakat yang lebih baik, pertumbuhan ekonomi yang berkualitas dan pemerataan pembangunan, serta tata kelola pemerintahan yang baik, ” ujarnya. (Adv)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *